Virtual Assistant Referee

Apakah VAR ? dan Penggunaan Dalam Sepakbola

Video Assistant Referee atau VAR, sedang menjadi pusat perhatian di Tottenham yang mengalami 2 anulir gol saat melawan Rochdale pada babak pertama.

Tottenham sempat merasa unggul dari tendangan Erik Lamela, namun dengan pertolongan sistem VAR, wasit Paul Tierney memutuskan gol tersebut tidak sah.

Sedangkan yang ke2 pada saat menit ke-23 dengan konsultasi VAR memutuskan untuk tidak memberikan tendangan pinalti kepada Lucas Moura.

Bagaimana VAR Bekerja

VAR beroperasi pada tiga tahap proses insiden, review / saran, keputusan dan di empat yurisdiksi sepakbola yang dianggap “pengubah permainan” oleh FIFA.

VAR danĀ  petugas pertandingan lainnya dapat memberikan rekomendasi atau pandangan, tetapi hanya satu orang yang dapat menunjuk penggunaan dan pengambil keputusan yaitu Wasit. Dia yang tetap akan mengambil keputusan mutlak.

Mereka dapat melihat ulang jejak rekam di monitor yang berada di pinggir lapangan sebelum mengambil keputusan final.

Gol

VAR berguna untuk membantu wasit memastikan bahwa gol yang terjadi bukan berasal dari pelanggaran yang dilakukan pemain. Jika terjadi pelanggaran maka gol akan dianulir.

Penalti

VAR disini untuk memastikan keputusan yang tepat dalam pemberian tendangan penalti atau tidak.

Kartu Merah

Seperti halnya keputusan penalti, VAR akan memastikan keputusan pemberian kartu tepat.

Salah Pemain

VAR akan menjelaskan pemain mana yang telah diperingatkan atau yang telah dikeluarkan juga untuk membantu wasit benar dalam keputusan apabila terjadi salah pemain.

VAR dalam Piala Dunia

VAR akan menjadi bagian dari pertandingan di Piala Dunia 2018 setelah penggunaannya secara resmi disetujui oleh International Football Association Board (IFAB).

VAR akan memberikan kejelasan yang berhubungan dengan gol, penalti, kartu merah dan salah pemain, yang telah digunakan di banyak pertandingan liga di berbagai negara termasuk Bundesliga, Serie A, Portugal Primeira Liga, MLS dan Liga A. Dan akan diperkenalkan pada Brazil dan La Liga musim depan.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan bahwa VAR akan menjadi bagian dari sepakbola dan saat ini secara bersama – sama telah mengambil keputusan yang sangat penting untuk dunia sepakbola.

Infantino juga mengatakan “Saya cukup skeptis untuk VAR, namun kami telah melakukan uji coba dan saya menjamin wasit kami pada Piala Dunia akan siap. Mereka telah berlatih selama 2 tahun terakhir ini.”

Untuk sepakbola Inggris baru menggunakan VAR sejak Januari pada kompetisi liga dan banyak peristiwa kontroversi, tetapi dampaknya akan menjadi positif dalam jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *